Tips Mudik Lebaran Aman Dan Nyaman

Tips Mudik Lebaran Aman Dan Nyaman

Tips Mudik Lebaran - Kalender Liburan 2015GarasiMobilComJadwal libur Lebaran 2015 sudah diketahui sejak ditandatanganinya SKB antara beberapa kementerian pada bulan Mei 2014 lalu. Hari Idul Fitri atau Lebaran tahun 2015 ditetapkan pada hari Jumat-Sabtu tanggal 17-18 Juli 2015. Diantara tanggal tersebut ditetapkan hari cuti bersama yaitu tanggal 16, 20, 21 Juli 2015. Jadi total Anda dapat menghabiskan liburan selama 6 hari sejak hari Kamis tanggal 16 s/d Selasa, 21 Juli 2015.

Sebelum berlibur, kami berikan Tips Mudik Lebaran Aman Dan Nyaman, agar perjalanan dan aktifitas mudik Anda berjalan lancar dan tanpa hambatan berat.

Sebelum mudik, cek kesehatan Anda & keluarga dan kendaraan yang akan dipakai. Tidak ada salahnya service rutin dimajukan dan bila ada sparepart yang harus diganti, cepat diganti. Karena banyak orang mudik yang hanya mempersiapkan kendaraannya saja, tetapi tubuhnya sendiri diabaikan atau sebaliknya.

Siapkan kunci-kunci pas, dongkrak, busi cadangan, ban sementara, senter kecil, STNK, SIM, KTP, Kartu Asuransi. Bila Anda memakai pesawat, kereta api, bus, atau kapal laut, jangan sampai lupa tiketnya.

Persiapkan baju / pakaian secukupnya (saran terbaik 3 stel baju santai dan 2 stel baju semi formal), dan sebaiknya jangan membawa koper. Pakaian bisa digulung untuk menghemat tempat dalam ransel ukuran 15 – 20 liter. Ransel ukuran ini sanggup digunakan untuk pakaian 2 anggota keluarga.

Persiapkan map atau peta yang bisa anda dapatkan secara gratis di mal-mal, kantor Polisi, kantor Pos, dll. Info Peta Jalur Pantura dan Peta Jalur Selatan klik link-nya. Karena dengan map atau peta tersebut Anda dapat mengupdate jalan yang rusak atau jalur alternatif mudik yang bisa dipakai.

Sediakan baterai handphone cadangan atau power bank yang sudah terisi penuh,  Charging Mobile yang bisa disambungkan ke slot pemantik api di mobil. Bawa uang tunai secukupnya. Obat-obatan penyakit ringan satukan dalam kotak P3K.

Plastik sampah (tong sampah kecil lebih baik). Dan jangan lupa untuk menyiapkan voucher handphone gosok untuk Anda pelanggan seluler  pra bayar. CD musik untuk diputar dalam perjalanan. Makanan ringan dan air mineral secukupnya.

Jika Anda memakai motor untuk mudik, jangan lupa untuk menyiapkan sepatu, jaket, sarung tangan, masker, helm SNI dan jas hujan orang dan plastik untuk tas (antisipasi jika hujan).

Sebelum berangkat cek sekali lagi keadaan rumah. Slot kunci, lampu-lampu dalam dan diluar rumah (sebaiknya pakailah saklar lampu otomatis untuk bagian luar rumah). Cek kran air yang masih terbuka. Lepaskan kabel alat elektronik yang masih tersambung di stop kontak. Kunci semua pintu, titipkan rumah kepada tetangga, satpam / hansip yang berjaga khusus dihari libur. Dan jangan lupa lapor ke RT atau sekretarisnya.

Sesudah semua yang ada diatas dipersiapkan, sebelum menyalakan kendaraan Anda. Tentunya ingatlah untuk berdoalah kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, agar diberi perlindungan dalam perjalanan pergi dan pulang mudik Lebaran.

Jika dalam perjalanan Anda merasa lelah atau ngantuk, jangan memaksakan diri untuk tetap berjalan. Istirahatlah ditempat yang ramai, pasti banyak posko-posko mudik lebaran sepanjang jalan yang bisa Anda singgahi. Idealnya bila Anda memakai mobil, istirahatlah selama 15 – 30 menit sesudah 3 – 4 jam berjalan. Jika Anda memakai motor, sebaiknya istirahatlah sesudah 2 jam berjalan selama 15 – 30 menit.

Pakailah GPS untuk jaga-jaga dan dengarkan radio kesayangan Anda. Biasanya radio akan cepat mengudarakan jalan-jalan yang macet dan memberitahukan jalur-jalur alternatif. Jangan malu untuk bertanya pada sesama pemudik di jalan (bisa menambah teman juga kan).

Selamat menikmati libur puasa dan selamat berlebaran dikampung halaman dari saya Yahya Kantum.

Yahya Kantum

Kami berikan sales advice sampai klaim asuransi. Beli mobil apa saja kami berikan yang terbaik untuk Anda dan keluarga. Untuk informasi dan pemesanan, hubungi kami di nomor 0812.2373.034 (Telepon – SMS – Whatsapp)

Leave a Reply